Lingkungan kita Adalah Pikiran Kita

lingkungan kita adalah pikiran kita

Suatu ketika seorang pria menelepon Norman Vincent Peale. Ia tampak sedih.Tidak ada lagi yang dimilikinya dalam hidup ini. Norman mengundang pria itu untuk datang ke kantornya.

“Semuanya telah hilang. Tak ada harapan lagi,” kata pria itu.

“Aku sekarang hidup dalam kegelapan yang amat dalam. Aku telah kehilangan hidup ini”.

Norman Vincent Peale, penulis buku “The Power of Positive Thinking”, tersenyum penuh simpati.

“Mari kita pelajari keadaan anda,” katanya Norman dengan lembut.

Pada selembar kertas ia menggambar sebuah garis lurus dari atas ke bawah tepat di tengah-tengah halaman. Ia menyarankan agar pada kolom kiri pria itu menuliskan apa-apa yang telah hilang dari hidupnya. Sedangkan pada kolom kanan, ia menulis apa-apa yang masih tersisa.

“Kita tak perlu mengisi kolom sebelah kanan,” kata pria itu tetap dalam kesedihan.

“Aku sudah tak punya apa-apa lagi.”

“Lalu kapan kau bercerai dari istrimu?” tanya Norman.

“Hei, apa maksudmu? Aku tidak bercerai dari istriku. Ia amat mencintaiku!”

“Kalau begitu bagus sekali,” sahut Norman penuh antusias.

“Mari kita catat itu sebagai nomor satu di kolom sebelah kanan “Istri yang amat mencintai”.

“Nah, sekarang kapan anakmu itu masuk penjara?”

“Anda ini konyol sekali. Tak ada anakku yang masuk penjara!”

“Bagus! Itu nomor dua untuk kolom sebelah kanan “Anak-anak tidak berada dalam penjara.” kata Norman sambil menuliskannya di atas kertas tadi.

Setelah beberapa pertanyaan dengan nada yang serupa, akhirnya pria itu menangkap apa maksud Norman dan tertawa pada diri sendiri.

“Menggelikan sekali. Betapa segala sesuatunya berubah ketika kita berpikir dengan cara seperti itu,” katanya.

Kata orang bijak, bagi hati yang sedih lagu yang riang pun terdengar memilukan. Sedangkan orang bijak lain berkata, sekali pikiran negatif terlintas di pikiran, duniapun akan terjungkir balik. Maka mulailah hari dengan selalu berfikir positif.

Tuliskanlah hal-hal positif yang Kita pernah dan sedang miliki dalam hidup ini, bebaskan pikiran-pikiran kita dari hal-hal negatif yang hanya akan menyedot energi negatif dari luar diri kita. Dengan berfikir positif kehidupan ini akan terasa amat indah dan tidaklah sekejam yang kita bayangkan. Objek-objek yang berada di sekitar kita akan sangatlah tergantung dari bagaimana cara kita memandang dan mempersepsikannya. Lingkungan Kita adalah Pikiran Kita. Lingkungan akan berbuat positif kepada Kita jika Kita mempersepsikannya baik, sebaliknya Lingkungan akan berbuat negatif kepada kita ketika kita mempersepsikan sebaliknya.

Membangun Motivasi Dalam Diri

Membangun Motivasi Dalam DiriCita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika anda memiliki motivasi yang kuat dalam diri anda. Tanpa motivasi apapun, sulit sekali anda menggapai apa yang anda cita-citakan. Tapi tak dapat dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri. Bahkan mungkin anda tidak tahu pasti bagaimana cara membangun motivasi di dalam diri sendiri. Padahal sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut.

Caranya? coba simak tips berikut ini:

1. Ciptakan sensasi

Ciptakan sesuatu yang dapat “membangunkan” dan membangkitkan gairah anda saat pagi menjelang. Misalnya, anda berpikir esok hari harus mendapatkan keuntungan 1 milyar rupiah. Walau kedengarannya mustahil, tapi sensasi ini kadang memacu semangat anda untuk berkarya lebih baik lagi melebihi apa yang sudah anda lakukan kemarin.

2. Kembangkan terus tujuan anda

Jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat anda tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu anda memerlukan tantangan yang lebih besar, untuk mengerahkan kekuatan anda yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup anda.

3. Tetapkan saat kematian

Anda perlu memikirkan saat kematian meskipun gejala ke arah itu tidak dapat diprediksikan. Membayangkan saat-saat terakhir dalam hidup ini sesungguhnya merupakan saat-saat yang sangat sensasional. Anda dapat membayangkan ‘flash back’ dalam kehidupan anda. Sejak anda menjalani masa kanak-kanak, remaja, hingga tampil sebagai pribadi yang dewasa dan mandiri. Jika anda membayangkan ‘ajal’ anda sudah dekat, akan memotivasi anda untuk berbuat lebih banyak lagi selama hidup anda.

4. Tinggalkan teman yang tidak perlu

Jangan ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong anda mencapai tujuan. Sebab, siapapun teman anda, seharusnya mampu membawa anda pada perubahan yang lebih baik. Ketahuilah bergaul dengan orang-orang yang optimis akan membuat anda berpikir optimis pula. Bersama mereka hidup ini terasa lebih menyenangkan dan penuh motivasi.

5. Hampiri bayangan ketakutan

Saat anda dibayang-bayangi kecemasan dan ketakutan, jangan melarikan diri dari bayangan tersebut. Misalnya selama ini anda takut akan menghadapi masa depan yang buruk. Datang dan nikmati rasa takut anda dengan mencoba mengatasinya. Saat anda berhasil mengatasi rasa takut, saat itu anda telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa anda mampu mencapai hidup yang lebih baik.

6. Ucapkan “selamat datang” pada setiap masalah

Jalan untuk mencapai tujuan tidak selamanya semulus jalan tol. Suatu saat anda akan menghadapi jalan terjal, menanjak dan penuh bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara terbaik untuk bisa melewatinya. Jika anda memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, anda akan semakin sulit termotivasi. Sebaliknya bila anda selalu siap menghadapi setiap masalah, anda seakan memiliki energi dan semangat berlebih untuk mencapai tujuan anda.

7. Mulailah dengan rasa senang

Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup anda. Coba nikmati hidup dan jalan yang anda tempuh. Jika sejak awal anda sudah merasa ‘tidak suka’ rasanya motivasi hidup tidak akan pernah anda miliki.

8. Berlatih dengan keras

Tidak bisa tidak, anda harus berlatih terus bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat anda raih jika anda terus berusaha keras. Semakin giat berlatih semakin mudah pula mengatasi setiap kesulitan.

Kesimpulan:
Motivasi dapat menumbuhkan semangat dalam mencapai tujuan. Motivasi yang kuat di dalam diri, kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah ke depan, yaitu mencapai visi hidup kita.
Salam Sukses !

Jadilah Pelita

jadilah pelitaPada suatu malam, seorang buta berpamitan pulang dari rumah sahabatnya. Sang sahabat membekalinya dengan sebuah lentera pelita.

Orang buta itu terbahak berkata: “Buat apa saya bawa pelita? Kan sama saja buat saya! Saya bisa pulang kok.”

Dengan lembut sahabatnya menjawab, “Ini agar orang lain bisa melihat kamu, biar mereka tidak menabrakmu.”

Akhirnya orang buta itu setuju untuk membawa pelita tersebut. Tak berapa lama, dalam perjalanan, seorang pejalan menabrak si buta.

Dalam kagetnya, ia mengomel, “Hei, kamu kan punya mata! Beri jalan buat orang buta dong!”

Tanpa berbalas sapa, mereka pun saling berlalu.

Lebih lanjut, seorang pejalan lainnya menabrak si buta.

Baca artikel ini »

Bahaya Narkotika Untuk Kesehatan

Dewasa ini penyalahgunaan narkotika semakin meningkat tajam. Penggunaan narkoba sepertinya sudah menyerang banyak lini dalam kehidupan masyarakat kita. Entah itu generasi muda, para selebritis, tokoh masyarakat, para wakil rakyat juga ada yang terlibat dalam kasus narkoba ini.

Menurut WHO yang dimaksud dengan pengertian narkoba ini adalah suatu zat yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh akan mempengaruhi fungsi fisik dan atau psikologi (kecuali makanan, air, atau oksigen). Sedangkan menurut aturan perundang-undangan kita Negara Indonesia narkotika ini juga sudah tercantum. Untuk itulah kita perlunya untuk waspada bahaya narkotika yang tidak boleh kita anggap remeh.

Bahaya Narkotika Narkoba

Yang dimaksud pengertian narkotika menurut Undang-Undang no 27 bahwa narkoba atau narkotika yang dimaksud ini adalah suatu zat atau pun obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis. Zat tersebut akan menyebabkan penurunan atau pun perubahan kesadaran, menghilangkan rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan / adiktif (kecanduan). Untuk itulah kita harus benar-benar mengetahui akan dampak dan bahaya narkoba itu sendiri.

Bahaya narkotika untuk kesehatan adalah yang terberat adalah efek ketergantungan obat nya itu sendiri. Karena dengan efek buruk yang ditimbulkan bagi para pecandu narkoba adalah keinginan untuk selalu memakainya secara berulang. Bila tidak memakainya kembali akan ada rasa sakit yang dialami para penderita dengan ketergantungan narkotika narkoba ini.

Narkoba atau narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain itu “narkoba”‘ istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan RI dikenal dengan istilah adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.

Penggunaan narkotika dalam bidang medis sebenarnya adalah legal untuk peruntukan pengobatan tertentu. Dan umumnya dipakai dalam rangka terapi karena senyawa-senyawa psikotropika yang terdapat di dalamnya dipakai untuk membius (anastesi) pasien saat hendak dilakukaan operasi (pembedahan) atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Hal ini juga harus dilakukan oleh pihak medis dengan menggunakan dosis dan cara pemakaian yang tepat. Sehingga bahaya narkotika harus kita sama-sama hindari.

Ada beberapa jenis macam narkoba diantaranya yaitu :

  1. Opium (candu)atau biasa dikenal dengan opiate. Opium merupakan candu kasar atau mentah yanmg didapat dari getah buah tanaman papaver samniterum yang dihisap / digores dan di biarkan mengering. Opium merupakan golongan narkotika alami yang sering digunakan dengan cara dihisap.
  2. Morpin. Jenis obat narkotika ini adalah zat aktif yang diperoleh dari candu melalui pengolahan secara kimia. Cara penggunaanya disuntikan ke tubuh (injeksi).
  3. Putaw Heroin. Golongan narkoba sejenis ini akan lebih mudah menembus otak sehingga lebih kuat dari morfin itu sendiri.
  4. Kanabis (Ganja). Inilah yang seringkali menjadi kasus narkoba yang paling banyak diberitakan dan menyerang semua kalangan di masyarakat kita. Ganja adalah merupakan jenis tanaman kanabis yang biasanya dipotong, dikeringkan, dipotong kecil – kecil dan digulung untuk dijadikan rokok yang disebut joints.

Ada hal beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba yaitu :

  • Mendapatkan informasi yang tepat dan benar mengenai bahaya narkoba dan narkotika ini dari orang-orang yang berkecimpung dalam dunia kesehatan atau juga organisasi atau ormas yang memperjuangkan untuk menghindari penggunaan obat-obatan terlarang.
  • Mengetahui bahwa Islam dan agama ini melarang dan mengharamkan narkoba.
  • Mempunyai visi misi hidup yang baik dan jauh dari narkotika.
  • Lingkungan pergaulan yang baik.
  • Melakukan berbagai macam jenis aktifitas yang positif yang bisa untuk menjadi lebih mandiri, percaya diri, serta menyalurkan hobi secara berprestasi.

Lima Cara Tingkatkan Kemampuan Otak

Otak cerdas (ilustrasi)
Otak cerdas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagian orang menilai kepintaran ditandai dengan nilai rapor yang tinggi. Sebagian melihat kepintaran sebagai kemampuan memecahkan masalah dengan cepat.

Nyatanya tidak ada yang benar-benar bisa mendefinisikan apa itu pintar. Yang pasti semua kemampuan itu berasal dari sumber, yakni otak manusia.

Dengan ukurannya yang hanya 1.400 gram, otak menjalankan semua perintah manusia. Otak juga memiliki kapasitas yang besar untuk beradaptasi. Semakin sering digunakan, semakin banyak jaringan otak yang terhubung dan membuat otak menjadi kuat.

Penguatan otak ini yang memengaruhi kecerdasaan seseorang. Berikut ini lima cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas otak seperti dikutip Uniknya.com, Selasa (21/5).

1. Merawat tubuh

Latihan fisik tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh tapi juga kemampuan otak. Dengan berolah raga, mampu meningkatkan aliran darah ke otak yang membawa oksigen dan glukosa. Olah raga juga mampu merangsang perkembangan mental seseorang.

Merawat tubuh juga dilakukan dengan menjaga konsumsi makanan. Ada banyak makanan yang baik bagi kesehatan otak. Antara lain, minyak ikan, telur, protein dan sayuran hijau.

2. Cukup istirahat

Olah raga mampu meningkatkan peraliran darah ke otak, lalu bagaimana dengan tidur? Bertahun-tahun yang lalu, para ilmuwan menyebutkan otak berhenti bekerja dan beristirahat ketika seseorang sedang tidur. Tapi sekarang, penelitian menunjukkan, otak tetap melakukan pekerjaannya bahkan ketika tidur.

Meskipun otak tetap bekerja ketika terlelap, namun tidur malam hari mampu meningkatkan fungsi dan kemampuan otak untuk tetap fokus. Idealnya, orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama enam sampai delapan jam sehari

3. Menelan bakteri

Juli 2010, peneliti di Sage Collages menemukan satu jenis bakteri yang bisa membuat tikus menjadi pintar. Bakteri ini biasa ditemukan di tanah. Tikus yang diberikan Mycobacterium vaccae menunjukkan perilaku yang lebih baik dalam tes labirin tapi dengan sedikit tanda-tanda kecemasan.

Tidak hanya menunjukkan indikasi yang baik, tingkat serotin di otak depan juga menunjukkan hal yang positif. Bakteri juga nampaknya merangsang pertumbuhan neuron.

Tapi bukan berarti bakteri baik ini bisa Anda telan mentah-mentah. Unruk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti berkebun dan berjalan-jalan di hutan.

4. Latihan otak

Seperti halnya tubuh, otak perlu olah raga teratur untuk mempertahankan kekuatan dan vitalitas. Beberapa olah raga otak yang bisa dilakukan adalah dengan bermain teka-teki silang, sudoku dan permainan asah kata lainnya.

Atau cara yang lebih berat, seperti menyelesaikan masalah matematika atau yang berkaitan dengan hubungan spasial dan geometri. Atau Anda bisa melakukan hal di luar rutinitas.

Misalnya menyikat gigi dengan tangan berlawanan. Atau berjalan dengan cara yang berbeda yang dapat memaksa otak untuk bekerja lebih keras dari biasanya.

5. Meditasi

Manfaat meditasi sudah dikenal selama ribuan tahun lalu. Praktiknya bisa berbeda untuk setiap orang. Tapi pada dasarnya meditasi melibatkan ketenangan dan latihan pernapasan untuk mencapai ketenangan mental.

Scan FMRI telah mengungkapkan dengan melakukan meditasi teratur dapat mempengaruhi struktur otak. Salah satu studi menunjukkan, meditasi setiap hari secara teratur dapat meningkatkan ukuran bagian-bagian dari korteks serebral. Tak heran, beberapa perusahaan terkemuka di dunia menawarkan kelas meditasi bagi karyawan mereka.

6 Makanan dan Minuman Pembangkit Energi

Anda sering lelah?
Anda gampang capek?
Itu tanda bahwa anda membutuhkan energi agar dapat mengimbangi
aktivitas anda sehari2, Nah kali ini kami akan berikan tips “6 makanan
dan minuman pembangkit energi”.1. PisangMengkonsumsi Pisang dapat meningkatkan stamina anda dalam jangka
panjang, Hal ini dikarenakan kandungan serat dan gula alami dalam buah
atau disebut juga fruktosa pada pisang mampu memberi energi pada tubuh
anda.

2. Air Mineral

Kekurangan energi di akibatkan oleh hilangnya cairan pada tubuh
sehingga menyebabkan dehidrasi, Untuk mengatasi ini, Minumlah banyak
air mineral untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama
beraktivitas.

3. Kopi

Ya, Secangkir kopi dapat membantu meningkatkan stamina anda untuk
beberapa saat, Kandungan kafein pada kopi dapat membuat anda tetap
terjaga dan konsentrasi.

4. Sayuran Hijau

Serat danVitamin C pada sayur2an berdaun hijau dapat meningkatkan energi pada tubuh anda. Perbanyaklah konsumsi sayuran hijau untuk menunjang stamina anda.

5. Jeruk

Jeruk dapat memberikan energi tambahan pada tubuh anda, Bulir dan
vitamin C Yang banyak dalam jeruk membantu meningkatkan stamina anda.

6. Red Wine

Gula alami yang terkandung dalam red wine / anggur merah dapat diubah
secara langsung menjadi energi saat dikonsumsi. Bahan kimia pada red
wine yang disebut resveratol dapat membangun energi anda untuk waktu
yang lama.

Nah, itulah “6 makanan dan minuman pembangkit energi”.
Jangan lupa baca artikel lainnya juga ya,
Semoga Bermanfaat.